Peringatan ulangtahun Mgr FX Hadisumarto OCarm yang ke 84.

PALPRESS – JIKA membicarakan perjalanan pelayanan Mgr Hadi, yang paling berharga justru saat melayani di Keuskupan Manokwari, Sorong, Papua. Memang, Mgr Hadi mengaku sangat berat melayani di Papua, namun justru kini dia merasakan begitu berharganya pelayanan yang dilakukan selama 15 tahun di Papua.

“Saya selama 15 tahun melayani di Papua saat itu memang terasa sangat berat. Namun, saat ini saya justru merasakan pelayanan yang saya lakukan selama 15 tahun tersebut sangat berharga,” ungkap Mgr Hadi.

Dari cara berfikir, kebudayaan, kebiasaan dan tingkah laku juga sangat berbeda antara melayani di pulau Jawa dan di Papua. “Selalu muncul perbedaan. Tidak semua orang bisa mengikuti cara pikir saya. Orang papua tidak mengenal apa arti rendah hati. Tidak mengenal sopan santun, justru perbedaan ini terasa sangat berharga sekali bagi saya,” kata pria kelahiran Ambarawa, Jawa Tengah, 13 Desember 1932 ini.

Di Papua mereka mengatakan harus ada kepastian, termasuk ketika Mgr Hadi blusukan di pasar-pasar. Mgr Hadi mendapatkan hal yang berbeda dari cara berdagang orang Jawa dan Papua. “Soal tawar menawar harga, tidak pernah terjadi. Harga mereka selalu pas, tidak bisa ditawar. Artinya, mereka mematok harga pas, jika tidak mau membeli dengan harga tersebut, ya.. tidak apa-apa, jadi tidak ada tawar menawar,” ujar Mgr Hadi, yang ditahbiskan sebagai Imam Karmelit (OCarm) pada 12 Juli 1959 ini.

Masih soal perbedaan kebiasaan, budaya dan cara menyampaikan pendapat. Mgr Hadi bercerita, dalam sebuah pertemuan komunitas basis, dia dikritik secara tajam di depan umum oleh orang Papua. “Saya dikritik di depan umum. Dihadapan sekitar 175 orang, komunitas basis. Mereka mengatakan, mari kita bandingkan kepemimpinan Uskup Van Diepen (Mgr Petrus Malachias van Diepen, OSA) dengan Uskup Hadisumarto. Memang saat itu saya tidak bisa menilai, baru terasa berharga saat ini, setelah saya berada di wisma ini,” tutur sahabat Romo JB Mangun Wijaya almarhum ini. (Benny N Joewono)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*

[+] kaskus emoticons nartzco