Melihat Kembali Kota Perancis Zaman Perang

0
451
Kartu Pos Klasik Kita bisa melihat keadaan kota lama yang enggak berubah banyak tahun 1915 dengan saat ini. Foto ini adalah foto Raja berparade keliling kota bersama tentara regimen kebanggannya menuju Tonbridge.(Stefanie)

PALMERAHPRESS.com – SAAT dimulainya perang dunia pertama tahun 1914 lebih dari 16 juta tentara dan masyarakat sipil meninggal, dan lebih dari 20 juta penduduk kehilangan rumah dan orangtua. Negeri menara Eiffel merupakan salah yang cukup hancur. Kota di Perancis saat zaman perang tersebut terlihat mencekam

Perang dunia pertama dianggap ahli sejarah sebagai konflik manusia paling mematikan. Supaya kita bisa mengenang dan terus menggalakan kedamaian.

Intip foto-foto kota di Perancis saat perang yang digabung dengan foto masa kini :

 

Kota Vareddes Di foto lama ini, terlihat pertarungan pertama terjadi. Para tentara sedang beristirahat sambil berjaga-jaga melindungi kota dan masyarakat sipil di hall kota Vareddes, Perancis. Dari serangan tentara Jerman di Perancis, 1914.
Kota Vareddes
Di foto lama ini, terlihat pertarungan pertama terjadi. Para tentara sedang beristirahat sambil berjaga-jaga melindungi kota dan masyarakat sipil di hall kota Vareddes, Perancis. Dari serangan tentara Jerman di Perancis, 1914.

 

Virgin in Somme Ini adalah foto keadaan kota dalam keadaan perang selama satu tahun. Kita bisa melihat banyak bangunan yang hancur akibat tembakan peluru dari senapan api serta bom tentara Jerman. Yang lebih bikin sedih, patung yang dianggap sangat bernilai tinggi, Virgin in Somme, rusak dan hampir jatuh dari atas bangunan tempatnya berdiri.
Virgin in Somme
Ini adalah foto keadaan kota dalam keadaan perang selama satu tahun. Kita bisa melihat banyak bangunan yang hancur akibat tembakan peluru dari senapan api serta bom tentara Jerman. Yang lebih bikin sedih, patung yang dianggap sangat bernilai tinggi, Virgin in Somme, rusak dan hampir jatuh dari atas bangunan tempatnya berdiri.

 

Roye, Somme Kalau pernah melihat bangunan stasiun kereta api Roye di TV, pasti enggak nyangka. Saat perang dulu, bangunan ini enggak luput dari serangan musuh. Untungnya saat ini, pemerintah membangun kembali stasiun dan menjadikannya sebagai salah satu situs bersejarah yang dilindungi dan tetap digunakan pengguna kereta api.
Roye, Somme
Kalau pernah melihat bangunan stasiun kereta api Roye di TV, pasti enggak nyangka. Saat perang dulu, bangunan ini enggak luput dari serangan musuh. Untungnya saat ini, pemerintah membangun kembali stasiun dan menjadikannya sebagai salah satu situs bersejarah yang dilindungi dan tetap digunakan pengguna kereta api.

 

Main Square Jalan main square (Pas-de-Calais), saat perang dunia pertama terjadi hancur lebur akibat serangan bom. Di kota ini enggak ada bangunan satupun yang selamat termasuk gedung walikota dan the belfry of Arras.
Main Square
Jalan main square (Pas-de-Calais), saat perang dunia pertama terjadi hancur lebur akibat serangan bom. Di kota ini enggak ada bangunan satupun yang selamat termasuk gedung walikota dan the belfry of Arras.

 

Rheims Catedral Bangunan bersejarah, Rheims Catedral, ternyata di bombardir musuh pada 30 April 1917. Bangunan ini hancur lebur dan menyebabkan para biarawan dan biarawati kehilangan tempat berlindung. Ironisnya, bangunan ini seharusnya aman dari serangan musuh, dan menjadi salah satu tempat berlindung warga sipil.
Rheims Catedral
Bangunan bersejarah, Rheims Catedral, ternyata di bombardir musuh pada 30 April 1917. Bangunan ini hancur lebur dan menyebabkan para biarawan dan biarawati kehilangan tempat berlindung. Ironisnya, bangunan ini seharusnya aman dari serangan musuh, dan menjadi salah satu tempat berlindung warga sipil.

 

Bangkai Pesawat Foto yang diambil tahun 1918 ini terlihat banyak bangkai pesawat Jerman tergeletak di Place de la Concorde, Paris.
Bangkai Pesawat
Foto yang diambil tahun 1918 ini terlihat banyak bangkai pesawat Jerman tergeletak di Place de la Concorde, Paris.

 

Kartu Pos Klasik Kita bisa melihat keadaan kota lama yang enggak berubah banyak tahun 1915 dengan saat ini. Foto ini adalah foto Raja berparade keliling kota bersama tentara regimen kebanggannya menuju Tonbridge.(Stefanie)
Kartu Pos Klasik
Kita bisa melihat keadaan kota lama yang enggak berubah banyak tahun 1915 dengan saat ini. Foto ini adalah foto Raja berparade keliling kota bersama tentara regimen kebanggannya menuju Tonbridge.(Stefanie)

 Editor: DMS

Sumber: kawanku – foto: mashable.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*

[+] kaskus emoticons nartzco