PALPRESS – INGIN mengetahui waktu dengan tepat, harus melihat jam. Baik jam tangan atau jam dinding kita bisa memperoleh informasi soal waktu. Selain itu saat ini jam tangan sudah menjadi aksesoris yang jadi prioritas untuk dimiliki. Jam bahkan sudah menjadi simbol diri yang menunjukkan karakter pemiliknya.

Bahkan bagi sebagian kolektor, jam merupakan karya manusia yang unik dan bernilai seni. Hal tersebut tak berlebihan karena di balik sebuah jam ada kerja rumit para pembuatnya. Nah, apakah Anda sering memperhatikan pada jam yang Anda miliki ada tulisan Quartz?

Meskipun seringkali Anda tak menyadarinya atau bahkan terdengar sepele, tapi tulisan ini punya makna lho. Tulisan Quartz ini tak mengenal merek jam tangan atau jam dinding. Apa artinya?

Dikutip dari blog.jamtangan.com, jam Quartz adalah sebuah teknologi mesin pada jam tangan. Mesin jam tangan quartz ialah sebuah mesin jam tangan yang berbasis elektronik.

Mesin ini ditemukan oleh Seiko pada tahun 1969, pada saat itu Seiko meluncurkan jam quartz pertama di dunia bernama Astron.

Dari beberapa literasi menjelaskan mesin arloji ini sebenarnya pertama kali diperkenalkan oleh pabrikan asal Amerika Serikat yaitu Hamilton. Pada mesin quartz, energi bisa bersumber dari mana saja, meskipun mayoritas adalah dari baterai.

Kemudian akan dikonversi menjadi energi listrik yang menggetarkan kristal quartz dengan frekuensi tertentu, sehingga kristal akan bergetar setiap detik dan menggerakan gerigi roda yang menggerakan jarum.

Getaran kristal quartz turut dikendalikan oleh micro chip, sehingga menghasilkan getaran yang konsisten.

Maka kelebihannya adalah akurasi jam tangan menjadi baik, dengan jarum pada mesin quartz akan bergerak per satu detik, jadi 1 beat per second. Sementara itu jenis-jenis mesin quartz ada beberapa jenis antara lain quartz konvensional, solar quartz dan kinetic quartz.

Kemudian secara tampilan ada jam tangan quartz analog (dengan tampilan analog ) dan quartz digital (tampilan digital). Dalam perkembangannya masa kini, ada pula jam quartz mempunyai tampilan analog dan digital yang disebut sebagai jam ana-digi.

Mengapa dinamakan Quartz? Kata tersebut berasal dari sebuah nama mineral kristal, silikon dioksida, yang ditemukan berlimpah dalam kerak bumi dan merupakan komponen utama dari pasir disebut kuarsa (bahasa Indonesia).

Kuarsa yang digunakan dalam jam tangan adalah sintetik, atau buatan manusia. Produsen jam kebanyakan memilih menggunakan kristal quartz sintetis karena mereka memiliki sifat yang lebih konsisten

Lalu bagaimana jika jam tangan analog Anda tak ada tulisan quartz?

Hal itu bisa saja menandakan jika jam tangan Anda memiliki mesin mekanik di mana mesin jam yang semua pergerakan mesinnya menggunakan energi mekanik dan sumber energinya berasal dari pergerakan mekanik.

Mesin jam mekanik tidak ada satupun komponen elektronik didalamnya, semuanya komponennya saling berhubungan secara mekanik. Mesin jam mekanik ada tiga jenis yaitu automatic winding, manual winding movement dan yang terakhir adalah mesin yang mempunya kedua fitur tersebut.

Meski belakangan banyak beredar jam tangan analog berteknologi quartz tanpa tulisan Quartz. Namun demikian, sebenarnya baik jam quartz maupun mekanik semua memiliki kelebihan serta kekurangan masing-masing. Tergantung dari selera Anda dalam memilih jam tangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*

[+] kaskus emoticons nartzco