Fidel Castro dan Keberhasilan Kuba

0
184
Infografis keberhasilan negara Kuba dibawah pimpinan Fidel Castro

PALPRESS – KUBA adalah Fidel Castro, dan salah satu hal yang paling diingat dari mendiang Fidel Castro adalah keberaniannya menentang dominasi Amerika Serikat.

Sesuatu yang diyakini banyak orang akan dengan cepat menghancurkan Kuba, khususnya secara ekonomi. Terutama setelah Amerika Serikat memutuskan untuk melakukan blokade, yang telah berlangsung selama 54 tahun.

Namun, pada kenyataannya, Kuba di bawah pimpinan Castro meraih berbagai hal perting selama beberapa dekade, seperti dikutip dari teleSUR:

Kesetaraan Jender

Kuba menjadi negara pertama yang menandatangani dan kedua yang meratifikasi konvensi dikriminasi terhadap wanita. Kesetaraan ini terasa langsung di parlemen mereka, di mana setengah kursi parlemen di Majelis Nasional Kuba diisi oleh wanita.

Inovasi Kesehatan

Pada 1985, Kuba menciptakan vaksin meningitis-B. Tidak lama kemudian, mereka berhasil menciptakan vaksin Hepatitis-B dan demam berdarah. Kuba juga menjadi negara pertama did unia yang berhasil menghapuskan transmisi HIV dan sipilis dari ibu ke anak.

Standar Hidup

Pada 2014, tingkat pengangguran di Kuba berada pada angka 2,7 persen. Lalu, pada 2015, Kuba dilaporkan memiliki tingkat kematian bayi yang lebih rendah dibandingkan Amerika Serikat.

Pendidikan

Hampir seluruh penduduk Kuba (99%) mampu baca tulis alias melek huruf. Kuba juga menjadi salah satu negara yang mengawali program biaya pendidikan gratis mulai dari sekolah hingga universitas.

Program Kemanusiaan Global

Sejak 1969, Kuba sudah mengirimkan 325.710 petugas kesehatan untuk berpartisipasi dalam misi kemanusiaan pada lebih dari 158 negara. Kuba juga telah membantu lebih dari 10 juta siswa di wilayah Amerika Latin untuk dapat membaca dan menulis melalui kampanye literasi yang mereka gerakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*

[+] kaskus emoticons nartzco